Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa Penting untuk Dimiliki, Ketahui Dulu Jenis-jenisnya!

Salah satu asuransi yang wajib dimiliki, terutama oleh pencari nafkah utama adalah asuransi jiwa. Asuransi satu ini merupakan produk asuransi yang akan memberi perlindungan dari risiko setelah kematian atau cacat fisik yang mungkin terjadi.

Dalam polis asuransi jiwa tertuliskan, perusahaan asuransi jiwa mempunyai kewajiban untuk memberikan sejumlah uang yang telah ditentukan kepada yang ditunjuk (biasanya penerima manfaat) jika terjadi kematian, atau pemegang polis tetap hidup pada akhir masa kontrak (sesuai masa pertanggungan).

Jika tertarik ingin memiliki produk proteksi satu ini, maka sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis asuransi jiwa yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Sebelum mengetahui jenis-jenisnya yang lengkap, Anda yang ingin membeli produk asuransi bisa mendapatkan asuransi jiwa online terbaik Duitpintar yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa

Ada banyak manfaat memiliki asuransi jiwa. Yang utama adalah, jika seorang pencari nafkah utama dalam keluarga meninggal dunia, maka keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan jaminan finansial melalui asuransi jiwa itu.

Berikut ini adalah 7 manfaat asuransi jiwa untuk Anda sebagai nasabahnya:

1. Memberikan proteksi dari risiko meninggal dunia

Manfaat pertama dari asuransi jiwa adalah bisa melindungi nasabah atau tertanggung dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Misalnya, kepala keluarga yang meninggal dunia karena kecelakaan yang mengakibatkan kehilangan mata pencaharian.

Jika memiliki asuransi jiwa, maka perusahaan akan memberikan sejumlah uang pertanggungan kepada keluarga yang ditinggalkan sesuai dengan polis yang berlaku.

2. Menjamin kelangsungan hidup ahli waris

Memiliki asuransi jiwa sangat penting karena dapat memastikan dan menjamin kelangsungan hidup anggota keluarga maupun ahli waris jika kepala keluarga tidak memiliki mata pencaharian.

Ini artinya, asuransi jiwa akan memberikan kepastian untuk mempersiapkan masa depan Anda dan keluarga. Baik masa depan pendidikan anak maupun kehidupan keluarga secara finansial.

3. Membantu pengelolaan keuangan lebih baik

Asuransi jiwa bisa menjadi salah satu komponen untuk melakukan perencanaan finansial keluarga yang sehat.

Memiliki asuransi jiwa artinya bisa menjadi pelindung terhadap kondisi finansial Anda akan lebih stabil meskipun terjadi risiko-risiko yang tidak terduga di masa mendatang.

Secara tidak langsung, memiliki asuransi jiwa juga memaksa Anda untuk berkomitmen menyisakan sedikit penghasilan untuk pembayaran premi asuransi. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih bijaksana dan hemat dalam mengelola keuangan.

4. Santunan untuk cacat total atau sebagian

Asuransi jiwa juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan dari risiko cacat, baik cacat total permanen maupun cacat sebagian. Pihak asuransi akan membayarkan 100% uang pertanggungan atau sesuai dengan polis yang disepakati kepada tertanggung.

Biasanya, total pertanggungan akan diberikan kepada tertanggung dengan sistem pembayaran sekaligus.

5. Memberi rasa aman dan tenang

Jatuh sakit dan kematian merupakan misteri yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Memiliki asuransi jiwa sama dengan mempersiapkan penanggulangan terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi di masa depan.

Pada akhirnya, hal ini akan membuat Anda merasa lebih aman dan tenang karena asuransi jiwa akan menanggung kerugian finansial. Asuransi jiwa bisa diibaratkan sebagai sumber dana darurat jika tulang punggung keluarga sudah bisa bisa menopang finansial.

6. Mengumpulkan dana warisan

Asuransi jiwa seumur hidup merupakan produk asuransi yang tepat bagi Anda yang menginginkan tabungan jangka panjang hingga tua. Termasuk, untuk meninggalkan warisan bagi anak dan cucu.

Produk asuransi jiwa seumur hidup dapat mencairkan premi nasabah jika tidak ada klaim arusani hingga akhir masa asuransi.

7. Mencegah terjadinya kerugian besar

Manfaat asuransi jiwa yang berikutnya adalah bisa menghindarkan Anda dari risiko yang menyebabkan kerugian besar. Asuransi berperan sebagai penanggung atas kerugian yang terjadi dengan cara memberikan sejumlah uang sesuai polis yang disepakati.

Itu berarti, Anda dan keluarga tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi finansial saat mengalami sakit kritis agar bisa lebih fokus terhadap penyembuhan kerugian fisik.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Sebelum membeli produk asuransi jiwa, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis produk proteksi satu ini sebagai penentu benefit yang akan diperoleh. Berikut ini adalah jenis-jenisnya:

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Jika ingin memiliki asuransi dengan manfaat perlindungan dalam jangka waktu tertentu, antara 15, 20, 25 tahun atau bahkan lebih, maka asuransi satu ini jawabannya.

Asuransi ini juga cocok untuk orang-orang di usia muda atau yang memiliki kondisi sehat dan bugar. Transaksi yang dilakukan juga tidak sulit, Anda dapat menentukan sendiri jumlah premi bulanan sesuai dengan pemasukan.

Meski begitu, premi yang sudah dikumpulkan ke dalam asuransi berjangka ini akan hangus pada saat kontrak sudah habis.

Anda juga dapat membayar preminya yang bertambah jika ingin melakukan perpanjangan kontrak asuransi. Itulah sebabnya harga penawaran asuransi jenis ini tergolong sangat terjangkau.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Untuk investasi kesehatan jangka panjang, maka jenis asuransi ini yang paling cocok dipilih. Sebab, setiap premi yang dibayarkan ke dalam tabungan asuransi akan terus meningkat dan dapat diambil sewaktu-waktu.

Adapun batas usia untuk memperoleh manfaat dari asuransi ini umumnya hingga 100 tahun. Ketika tertanggung meninggal dunia dan belum pernah melakukan klaim, seluruh premi yang sudah dibayarkan kepada asuransi akan dikembalikan seutuhnya.

Seiring berjalannya waktu, ada kemungkinan bagi penerima manfaat untuk membayar premi dengan jumlah yang cukup besar pada usia tertentu. Pasalnya, kebutuhan perlindungan yang dibutuhkan juga sangat banyak.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Universal Life Insurance)

Sesuai namanya, jenis asuransi memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu manfaat dengan jangka waktu tertentu, serta manfaat tabungan yang sudah dibayarkan melalui premi.

Jenis asuransi ini juga tergolong sangat fleksibel. Karena sebagai pemegang polis, Anda dapat menggunakan tabungan tersebut kapanpun yang diinginkan.

4. Asuransi Jiwa Unit Link (Variable Life Insurance)

Asuransi jenis ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula, namun ingin melakukan proteksi dini terhadap diri sendiri atau keluarga melalui asuransi.

Asuransi ini memberikan Anda kesempatan untuk melakukan investasi yang tidak jauh berbeda dengan investasi murni.

Penting untuk diingat, jumlah premi yang akan diberikan untuk investasi tidak dimasukkan ke dalam pasar saham sekaligus, melainkan melalui sub akun dari perusahaan asuransi.

Selain itu, hasil investasi akan selalu dipengaruhi oleh pergerakan pasar saham. Pastinya ini akan menghasilkan jumlah yang tidak menentu alias fluktuatif.

Itulah alasan penting memiliki asuransi jiwa dan mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top