Beli atau Sewa Properti, Coba Pertimbangkan Dulu Beberapa 4 Hal Berikut Ini

Diposting pada

Beli atau Sewa PropertiAda beberapa hal penting yang harus Kamu pertimbangkan sebelum memutuskan beli atau sewa properti. Apalagi dalam hal ini berhubungan dengan keputusan finansial yang cukup besar. Namun di sisi lain keputusan ini harus segera Kamu tentukan secepatnya. 

Sebagian besar orang beli properti karena alasan bisa memiliki hak atas properti tersebut. Disisi lain banyak yang ada yang berpendapat jika membeli properti sama dengan membangun aset pengalokasian dana jangka panjang. Padahal jika dilihat dari kondisi finansialnya belum tentu membeli ada pilihan terbaik.  

Di sisi lain, ada juga yang menganggap jika menyewa properti justru lebih baik. Karena memiliki fleksibilitas lebih jika dibanding membelinya. Nah, terlepas dati itu semua, sebenarnya beli atau sewa properti yang lebih menguntungkan? 

Alasan Pilih Sewa atau Beli Properti

Beli atau Sewa Properti
Beli atau Sewa Properti

Satu hal yang harus Kamu pahami adalah properti merupakan salah satu aset bisnis terbesar mulai dari dulu hingga saat ini. Mulai dari penyedia jasa KPR/kredit, agen properti sampai dengan industri keperluan rumah memiliki ketergantungan besar pada bisnis properti ini. 

Oleh sebab itu banyak yang beranggapan jika dengan memiliki properti, semisal rumah, maka sama dengan sudah memiliki aset pengalokasian dana dalam jangka panjang. Bahkan kepemilikan atas suatu properti dianggap menjadi salah satu pencapaian besar dalam hal finansial bagi sebagian besar masyarakat. 

Melihat hal tersebut, wajar saja jika sampai saat ini masih banyak yang berasumsi jika memiliki rumah merupakan kunci atau kebahagiaan yang diimpikan oleh setiap orang. Sampai di sini apakah sudah ada jawaban dari beli atau sewa properti? 

Tunggu dulu, jangan menyimpulkannya terlebih dahulu. Sebab ada satu hal penting lainnya yang juga perlu Kamu ketahui. Apa itu? 

Keputusan sewa maupun beli properti merupakan proses yang tidak sesederhana yang banyak orang pikirkan. Bahkan bisa dikatakan jika memiliki properti tidak secara mutlak lebih baik jika dibandingkan dengan menyewa properti. Begitupun juga sewa properti tidak selalu lebih sederhana dibanding beli properti untuk dimiliki secara pribadi. 

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Sewa atau Beli Properti 

Setelah Kamu tahu alasan untuk beli atau sewa properti, selanjutnya adalah penting untuk tahu faktor apa saja yang mengharuskan Kamu untuk sewa atau beli properti. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang dimaksud: 

Budget Sewa Atau Beli Properti 

Budget atau anggaran menjadi pertimbangan penting sebelum memutuskan opsi untuk menyewa atau membeli properti. Jika Kamu memutuskan untuk membelinya, maka diharuskan untuk menyisihkan dana sangat besar untuk membayar lunas maupun membayar uang muka properti yang ingin dibeli. 

Jika Kamu memilih opsi membayar properti dengan KPR, maka akan dibebankan dengan biaya cicilan KPR selama periode tertentu. Ditambah lagi dengan memiliki properti sendiri, Kamu pun akan dibebankan biaya PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), biaya pemeliharaan tahunan, hingga menyediakan anggaran untuk perbaikan. 

Baca juga : Ide Bisnis Pinggir Jalan

Sebaliknya, jika memilih untuk menyewa properti, Kamu cukup menyisihkan dana untuk membayar sewa properti saja. Apakah itu dilakukan secara bulanan atau tahunan. 

Artinya dengan memilih sewa properti, Kamu akan terbebas dari kewajiban membayar PBB. Kamu pun tidak perlu menyisihkan uang untuk melakukan renovasi atau pemeliharaan properti. Sebab semuanya sudah menjadi urusan pemiliknya. 

Stabilitas Harga

Stabilitas harga juga harus Kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih beli atau sewa properti. Misalnya dalam hal ini Kamu beli properti rumah atau apartemen. 

Jika memilih membelinya, maka Kamu akan merasa lebih aman. Sebab sudah memiliki tempat tinggal untuk diri sendiri maupun keluarga. Harga beli properti yang tinggi sepertinya sepadan dengan fakta jika Kamu sudah memiliki tempat untuk bernaung serta membangun kehidupan bersama keluarga tercinta.

Sebaliknya, jika menyewa properti, Kamu selamanya akan dihantui kekhawatiran sebab belum memiliki tempat tinggal tetap. Apalagi jika ada kejadian yang di luar dugaan. 

Semisal pemilik properti memutuskan untuk tidak lagi menyewakan propertinya. Artinya Kamu harus mencari lagi tempat tinggal yang sesuai dengan kemampuanmu. Tentunya ini bukan perkara yang mudah. Sebab butuh proses lagi. 

Investasi 

Jika dilihat dari sudut pandang investasi, lebih menguntungkan beli atau sewa properti? 

Jika Kamu memilih beli properti, Kamu sudah menjalankan cara investasi jangka panjang, aman, dan menguntungkan. Pasalnya harga properti cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. 

Artinya Kamu akan mendapatkan nilai tambah dari jumlah uang yang sebelumnya sudah diinvestasikan. Jika suatu saat nanti ada niatan untuk menjual properti yang sudah Kamu beli tersebut. 

Apalagi mengingat nilainya yang tidak terpengaruh inflasi, pilihan untuk membeli properti sepertinya bisa menjadi pertimbangan untuk sumber pemasukanmu di masa depan. 

Sebaliknya, jika Kamu memilih untuk sewa properti, sudah pasti tidak akan mendapatkan keuntungan investasi. Terang saja sebab Kamu dalam hal ini bukanlah pemilik dari properti itu. 

Baca juga : Ide Bisnis Musim Hujan

Fleksibilitas

Jika dilihat dari sisi fleksibilitas, bagaimana perbandingan antara beli atau sewa properti? 

Salah satu keuntungan dari beli properti adalah memiliki kebebasan. Kebebasan dalam menentukan dekorasi, merenovasi, hingga menambah bagian properti sesuai dengan selera. Dengan kata lain Kamu bisa mengubah banyak hal dari properti tersebut.

Berbeda cerita jika Kamu hanya menyewa properti tersebut. Kamu tidak dapat melakukan berbagai hal yang bisa dilakukan oleh mereka yang membeli properti. Artinya Kamu harus belajar membiasakan diri meskipun merasa kurang nyaman dengan beberapa aspek yang ada  pada properti itu. 

Tetapi jika memilih sewa properti juga memiliki banyak keuntungan. Misalnya untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Tampaknya memilih sewa rumah adalah pilihan paling cerdas yang sudah dilakukannya.

Sebab dengan menyewa rumah memungkinkan untuk bisa pindah sesegera mungkin dan dengan konsekuensi yang relatif lebih kecil pula. Beda halnya jika memilih membeli rumah. Pasti akan cukup merepotkan jika tiba-tiba harus pindah pekerjaan ke daerah lain. 

Pasalnya Kamu harus menjual rumah dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga yang terjadi adalah bukannya untung namun yang penting rumah terjual. Lebih merepotkannya lagi jika rumah yang dibeli belum sepenuhnya lunas atau masih dalam masa angsuran.  

Artinya faktor fleksibilitas seperti di atas menjadi pertimbangan yang sangat penting jika memang pekerjaan menuntut Kamu untuk berpindah-pindah lokasi pekerjaan. 

Pilih Sewa atau Beli Properti?

Jika melihat ulasan di atas, sebenarnya bisa disimpulkan jika tidak ada pilihan terbaik antara beli atau sewa properti. Sebab keputusan sangat bergantung pada kondisi masing-masing.

Yang bisa dilakukan adalah mencoba mempertimbangkan faktor-faktor tertentu. Misalnya saja seperti lokasi, kondisi properti, biaya sewa atau beli properti, nominal yang harus dibayar di masa mendatang, dan lain sebagainya. 

Artinya Kamu butuh gambaran perhitungan dari segi biaya. Dalam hal ini adalah menghitung seluruh biaya yang nantinya dikeluarkan baik ketika sewa atau beli properti yang diinginkan. 

Maka dari itu, terlebih dahulu harus mengenal kondisi diri sendiri sebelum memutuskannya. Pasalnya memilih beli atau sewa properti adalah sesuatu yang relatif berbeda bagi setiap orang.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.