Cara Membuat Grafik di Excel

Diposting pada

Cara Membuat Grafik di Excel – Sebagaimana yang sudah anda ketahui bahwa Microsoft Excel mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat tersebut yaitu untuk membuat grafik. Namun tidak sedikit orang yang merasa kebingungan untuk melakukannya karena belum mengetahui cara membuat grafik di Excel yang benar. 

Sebenarnya, cara untuk membuat grafik di Excel terbilang mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara membuat grafik di Excel yang bisa anda coba.

Jenis Grafik yang Ada di Excel

Cara Membuat Grafik di Excel
Cara Membuat Grafik di Excel

Sebelum masuk pada pembahasan cara membuat grafik di Excel, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu jenis grafik yang terdapat di Excel. Berikut ini beberapa jenis tersebut.

  • Column, merupakan grafik berbentuk diagram batang mengarah keatas. Pembagian dari bentuknya yakni dengan kategori di sumbu horizontal serta value (nilai) di sumbu vertikal.
  • Bar, merupakan grafik berbentuk diagram batang mengarah ke samping. Grafik ini dipakai untuk mengilustrasikan perbandingan antara berbagai item individual. Dalam grafik ini, kategori diatur di sumbu vertikal serta value (nilai) diatur di sumbur horizontal.
  • Pie, merupakan grafik berbentuk kue (diagram lingkaran) yang menunjukkan nilai data berbentuk persentase (bagian).
  • Line, merupakan grafik berbentuk garis yang menampilkan data berkelanjutan dari satu waktu ke waktu di sumbu dengan skala merata. Grafik ini umumnya dipakai untuk menyajikan tren data misalnya kuartal, bulan atau tahun.
  • Area, merupakan grafik yang dipakai untuk menganalisa adanya alur perubahan data dari satu waktu ke waktu berikutnya. Adapun bagan area grafik ini berguna untuk menyajikan hubungan berbagai bagian secara keseluruhan.
  • Surface, adalah grafik berbentuk 3D yang permukaannya berfungsi ketika anda ingin menemukan adanya kombinasi yang optimal di antara dua data. Misalnya pada peta potografi, pola dan warna menunjukkan area yang ada dalam perkiraan nilai yang sama.

Cara Membuat Grafik di Excel

Memilih data

Cara membuat grafik di Excel yang pertama yaitu memilih data yang akan dijadikan dalam bentuk grafik. Umumnya anda bisa memilih bagian tabel yang akan dijadikan grafik. Contohnya, data pemasukan selama ½ tahun pertama. Apabila anda ingin menginput semua data anda hanya perlu memblok semuanya. Akan tetapi, apabila anda hanya membutuhkan data tertentu maka anda dapat memilih kolom dan tebal yang diperlukan.

Pilih insert di menu bar

Jika anda sudah selesai memilih data yang diperlukan, cara membuat grafik di Excel berikutnya yaitu pilih insert pada menu bar di kiri atas. Berikutnya anda akan melihat ikon beberapa jenis grafik. Apabila anda ingin melihat berbagai jenis grafik dengan jelas, maka anda dapat memilih opsi Recommended Charts.

Memilih jenis grafik yang diharapkan

Setelah memilih opsi Recommended Charts, cara membuat grafik di Excel berikutnya akan muncul page pop-up dengan pilihan grafik yang beragam. Untuk melihat opsi grafik dengan lengkap anda bisa memilih opsi All Charts. Berikutnya akan muncul seluruh jenis grafik yang tersedia di Excel untuk anda pilih sesuai kebutuhan.

Disamping itu, anda juga dapat memilih beragam style dan bentuk dari jenis grafik masing-masing.

Baca juga : Cara Membuat Footnote

Mengatur posisi grafik dalam worksheet

Cara membuat grafik di Excel selanjutnya jika anda sudah menentukan grafik yang paling cocok, secara otomatis grafik akan muncul di worksheet. Akan tetapi, supaya tabel data anda tidak terganggu, anda harus mengatur posisi serta ukurannya terlebih dahulu.

Adapun cara membuat grafik di Excel selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengarahkan kursor pada bagian grafik lalu klik dan geser sesuai kebutuhan. Sementara untuk mengubah ukurannya, anda dapat mengarahkan kursor di bagian sudut grafik lalu menariknya.

Ubah judul grafik

Cara membuat grafik di Excel berikutnya anda juga dapat mengubah judul atau nama dari grafik dengan cara klik bagian tulisan di atas grafik.

Tips Mengelola serta Mengatur Tampilan Grafik

Setelah grafik sudah jadi, anda dapat mengatur tampilan grafik sesuai keinginan anda. Di bawah ini tips yang dapat anda lakukan untuk mengelola tampilan grafik di Excel.

Cara mengganti data pada setiap sumbu

Apabila anda ingin mengganti data yang muncul pada setiap sumbu X maupun Y di grafik, anda dapat melakukan beberapa tahap di bawah ini.

  • Klik kanan garfik yang sudah tersedia
  • Klik opsi select data
  • Lalu klik menu Switch row/ column
  • Berikutnya klik OK dan tampilan sumbu grafik akan berubah

Cara mengganti tampilan layout serta label sumbu grafik

Apabila anda ingin mengganti tampilan layout serta label grafik, maka anda dapat menerapkan cara di bawah ini :

  • Klik grafik
  • Lalu klik opsi Chart design
  • Dalam menu ini anda dapat mengatur layout judul grafik, legenda dan juga label sumbu. Apabila anda ingin mengganti format legenda pada grafik lebih jauh, anda dapat klik di bagian atas legenda serta buka opsi sidebar format legend.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi di Word 2016

Cara mengganti ukuran bagan legenda serta label sumbu grafik

Cara membuat grafik di Excel dapat dilakukan dengan mengatur ukuran sumbu serta label agenda yang anda buat menjadi lebih kecil. Apabila anda ingin membuat label yang lebih mudah dibaca, anda dapat meningkatkan ukuran label pada grafik dengan cara :

  • Klik label satu demi satu
  • Lalu klik opsi Home
  • Berikutnya pilih ukuran dan jenis font sesuai selera anda di menu dropdown

Mengganti pilihan pengukuran sumbu Y apabila diinginkan

Jika anda ingin mengganti batas atau jenis pengukuran yang disajikan pada sumbu Y, maka anda dapat melakukan langkah berikut :

  • Klik di bagian persentase sumbu Y pada grafik guna menampilkan halaman format Axis
  • Berikutnya atur batas maksimum dan minimum yang akan diletakkan pada pilihan sumbu Y. Contohnya mengatur batas maksimum 100/ lebih dan batas minimum 0.

Tips Mengganti Bentuk dan Nilai Pada Grafik

Adakalanya orang merasa ada yang kurang di bagian grafik yang sudah dibuat. Maka dari itu, untuk anda yang ingin mengganti, menambah maupun mengurangi bagian yang ada di dalam grafik, anda dapat menerapkan langkah berikut :

Menambah elemen 

Elemen adalah bagian yang bisa membuat grafik anda menjadi lebih detail misalnya angka di setiap bar, garis bantu dan lainnya. Untuk mengurangi atau menambah elemen ini, anda hanya perlu mengklik grafik dan akan muncul ikon + secara otomatis di samping kanan. Kemudian, anda tinggal ceklist elemen yang akan dimasukkan maupun dihilangkan.

Mengganti warna dan style grafik

Cara untuk mengganti bentuk tampilan grafik pada dasarnya tidak jauh berbeda seperti menambah elemen. Anda hanya perlu klik icon kuas di samping grafik. Kemudian akan keluar beragam bentuk grafik di pilihan style serta pilihan tema warna di pilihan color.

Demikian ulasan mengenai cara membuat grafik di Excel yang bisa anda coba dengan mudah. Menguasai Ms Excel pada dasarnya menjadi salah satu skill penting yang perlu dimiliki oleh para pekerja sebab membuat grafik dan bagan seperti ini nantinya akan menjadi bagian pekerjaan anda sehari-hari, entah itu dalam bidang keuangan, akuntansi atau bidang lainnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.