Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB – Foto umumnya mempunyai ukuran file yang besar, sebab semakin baik kualitasnya maka ukurannya pun semakin besar. Dengan ukuran foto yang besar akan menjadikan kapasitas yang dibutuhkan untuk menyimpannya pun juga semakin banyak. Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami akan mengulas mengenai cara mengubah ukuran foto menjadi 100 KB supaya lebih ringan dari sebelumnya.

Proses mengecilkan ukuran file foto ini juga disebut dengan istilah kompres gambar. Mengecilkan foto sering dipakai oleh para pengembang web supaya loading website mereka dapat berjalan lebih lancar dan cepat dari sebelumnya. Sebab untuk memperlihatkan gambar pada sebuah web, diperlukan waktu yang terbilang cukup lama.

Ukuran sebuah foto yang semakin besar akan membuat laman web menjadi terbuka pun semakin lama. Sebaliknya jika ukuran foto semakin kecil, maka peluang website terbuka pun semakin cepat. Oleh sebab itu, tool untuk mengubah ukuran foto sangat diperlukan sekarang ini. Simak cara mengubah ukuran foto menjadi 100 KB berikut ini yang kami simpulkan dari laman asusbusiness.id.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB Melalui IMGonline

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB
Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB

Cara mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil via online dapat anda lakukan melalui PC, sehingga anda perlu menginput foto anda ke PC terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya :

  • Lalu gulir ke bawah dan pilih opsi Choose File guna memilih foto yang ingin diubah ukurannya
  • Jika anda sudah memilih salah satu foto yang ingin dikecilkan, anda dapat memilih opsi pengaturan kompres yang tersedia. Pilih opsi pertama untuk mengubah atau mengompres ukuran foto sesuai ukuran. Lalu anda dapat memilih opsi kedua untuk mengubah atau mengompres foto sesuai persentase.
  • Berikutnya tunggu untuk Size reducing in MP
  • Apabila anda ingin mengecilkan foto untuk kepentingan biasa, ada baiknya anda memilih format Standart JPEG. Apabila anda ingin mengecilkan foto untuk diunggah pada web, maka anda dapat memilih opsi Progressive JPEG. Sebab format tersebut mempunyai proses loading lebih cepat untuk website anda.
  • Kemudian pilih opsi Yes pada Copy EXIF and other metadata agar semua data di foto misalnya ISO, kamera, aperture dan yang lain tetap tersedia di foto yang dikecilkan. Anda juga dapat memilih No agar semua data yang ada tidak tercopy.
  • Apabila pengaturan di atas sudah selesai, anda dapat memilih tombol OK guna mengompres foto
  • Tunggu proses loading dan apabila sudah berhasil anda tinggal menekan tombol Download Processed Image

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB dengan TinyJPG

Untuk mengecilkan foto atau gambar, anda juga dapat memanfaatkan website TinyPNG atau TinyJPG dengan mudah. Dengan penggunaan yang sederhana dan cepat, hasil yang kompres website ini pun juga tidak akan merusak kualitas gambar. Aadpun tutorial kompres foto memakai website TinyJPG yaitu :

  • Pertama sediakan foto yang akan di komper
  • Lalu anda bisa masuk pada web TinyJPG apabila ingin mengecilkan file JPG, namun apabila file yang akan di kompres adalah format PNG maka anda dapat masuk pada laman TinyPNG.
  • Berikutnya adna bisa klik menu Drop your .jpg or .png files guna mengambil file foto lalu cari file yang ingin anda kompres
  • Apabila anda sudah menemukan foto dan memilihnya maka proses kompres akan berjalan
  • Anda bisa menekan tombol Download untuk mengunduh hasil foto yang telah di kompres
  • Umumnya file foto yang sudah di unduh akan tersimpan pada folder Download pada perangkat anda
  • Anda dapat melihat hasilnya yang tidak merusak kualitas foto meskipun ukurannya sudah diubah menjadi lebih kecil.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB Memakai Software Offline Photoshop

Laman web TinyPNG atau TinyJPG memang bisa diakses secara gratis serta cukup cepat sehingga banyak orang memilih untuk menggunakannya dengan mudah. Akan tetapi yang perlu anda ketahui yakni website tersebut hanya dapat support file gambar dengan ukuran maksimal 5 MB saja. Lantas bagaimana dengan berbagai foto seperti yang dihasilkan oleh HP flagship dengan resolusi kamera yang sangat tinggi?

Bagi anda yang mungkin memiliki foto atau gambar dengan ukuran file yang melebihi 5 MB serta merasa kesulitan untuk mengompresnya karena web TinyJPG tidak support dengan file tersebut maka jangan khawatir. Ada solusi lain yang dapat anda coba untuk mengecilkan ukuran foto tersebut yakni dengan software online. Yap, adobe photoshop adalah master perangkat lunak dalam dunia fotografi yang selalu bisa diandalkan.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di HP

Dengan menggunakan software tersebut maka anda dapat mengecilkan ukuran file foto yang sebelumnya sangat besar. Bisa dibilang hasil foto satelit dengan ukuran yang sudah terhitung dalam GB. Sehingga dapat dikatakan bahwa adobe photoshop di perangkat anda memang bisa menjadi cara yang paling ampuh untuk mengecilkan ukuran foto anda menjadi 100 KB.

Menariknya lagi, masih tersedia banyak fitur di adobe photoshop yang dapat membuat anda bisa memilih ukuran file sesuai kebutuhan tanpa harus mengurangi kualitas hasil foto. Tentu cara mengubah ukuran foto menjadi 100 KB ini adalah solusi yang paling dicari-cari. 

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100 KB Menggunakan Lit Photo

Selain beberapa cara mengubah ukuran foto menjadi 100 KB di atas, anda juga dapat menerapkan cara kompres foto melalui Android dengan aplikasi Lit Photo. Daripada semakin penasaran, ini dia tutorialnya :

  • Pertama anda dapat mengunduh aplikasi Lit Photo di ponsel android anda
  • Berikutnya pilih menu compress photos
  • Lalu aplikasi tersebut akan meminta akses guna membuka file foto anda, anda bisa memilih opsi Izinkan
  • Selanjutnya anda dapat mencari file foto yang akan anda kompres, jika sudah ketemu anda bisa klik foto secara langsung lalu klik ikon ceklis di sebelah kanan atas layar ponsel anda
  • Berikutnya anda akan masuk pada menu Compression Option lalu pilih opsi Compression mode sesuai keinginan anda. Apabila anda memilih opsi Quality maka anda akan memakai persen untuk proses kompres foto. Namun jika anda memilih Size anda akan memakai ukuran untuk proses kompres foto
  • Misalnya anda memilih opsi Size, maka anda bisa mengatur ukuran yang diinginkan dengan cara menggeser garis yang tersedia
  • Apabila sudah diatur, pada opsi File Option dapat anda abaikan atau dibiarkan saja
  • Berikutnya klik opsi Start Compressing
  • Tunggu sampai proses loading selesai 
  • Untuk melihat hasil foto yang di kompres, anda dapat masuk pada galeri ponsel dan cari hasil foto yang sudah dikecilkan ukurannya.

Itulah beberapa cara mengubah ukuran foto menjadi 100 KB yang dapat anda terapkan dengan simpel dan mudah. Dengan cara mengubah ukuran foto menjadi 100 KB yang semula besar ini akan membuat kapasitas penyimpanan perangkat anda menjadi lebih longgar. Selain itu, cara kompres foto di atas akan memberikan hasil maksimal dengan tidak mengubah kualitas foto anda.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top