Ide Bisnis Pinggir Jalan, Cocok untuk Anak Muda dan Pemula

Diposting pada

Ide Bisnis Pinggir JalanAda cukup banyak ide bisnis pinggir jalan yang bisa dipilih. Baik untuk para anak muda maupun untuk pemula. Tetapi dengan banyaknya kompetitor yang ada, Kamu harus benar-benar jeli dalam memilih peluang usaha pinggir jalan yang memiliki prospek dan juga menguntungkan. 

Pinggir jalan adalah salah satu tempat paling strategis untuk berbisnis. Sudah sejak lama area pinggir jalan ini selalu ramai para pedagang yang menjajakan dagangannya. Banyak sekali masyarakat di Indonesia yang memilih area pinggir jalan sebagai tempat usahanya. 

Untuk Kamu yang masih muda maupun pemula, tentunya cukup kesulitan saat mencari ide bisnis pinggir jalan. Utamanya yang cocok dengan passion. Nah, berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang cocok untuk passian anak muda dan juga para pemula. 

Usaha Franchise

Ide Bisnis Pinggir Jalan
Ide Bisnis Pinggir Jalan

 

Selain sangat cocok untuk anak muda, usaha franchise atau waralaba ini menjadi jenis usaha yang pas untuk para pemula. Sebenarnya tidak mengherankan jika jenis bisnis ini banyak peminatnya. Pasalnya bisa memberikan kemudahan untuk para pelakunya. 

Jangan minder dulu jika mendengar bisnis franchise atau waralaba. Sebab tidak semua franchise atau waralaba butuh modal yang besar. Banyak juga yang modalnya dibawah Rp20 juta. 

Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis franchise atau waralaba dengan modal tidak terlalu besar. 

Radja Cendol 

Radja Cendol sepertinya harus Kamu pertimbangkan. Soalnya franchisor satu ini sudah cukup berpengalaman. Hingga saat ini setidaknya sudah memiliki lebih dari 700 cabang yang tersebar di wilayah Indonesia. 

Untuk Kamu yang tertarik investasi franchise satu ini, modalnya pun tidak sampai puluhan juta. Cukup sediakan Rp8 jutaan untuk paket indoor tanpa tenda. Namun jika ingin memilih paket outdoor dengan tenda ukuran 2 x 2 meter maka sediakan Rp9,75 jutaan. 

Galaxy Pertamini 

Ide bisnis pinggir jalan berikutnya yang layak untuk dipertimbangkan adalah Pertamini. Salah satu bisnis kekinian yang mudah dijalankan. Selain itu keuntungan yang bisa didapatkan pun cukup besar. 

Nah, untuk Kamu yang tertarik dengan ide bisnis ini, sepertinya bisnis franchise Galaxy Pertamini layak untuk dipertimbangkan. Modal kemitraan yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Kamu hanya perlu siapkan Rp9 jutaan. 

Baca juga : Ide Bisnis Musim Hujan

Oliv Geprek Ekspres

Di tahun 2022 ini ayam geprek masih menjadi favorit kuliner sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika memang seperti itu, kenapa Kamu tidak coba memanfaatkan peluang bisnis yang menggiurkan ini. 

Untuk Kamu yang belum memiliki pengalaman dalam bisnis ini, memilih usaha franchise atau waralaba menjadi pilihan paling logis. Nah, dalam hal ini sepertinya Olive Geprek Expres adalah franchise ayam geprek yang bisa Kamu pertimbangkan. 

Apalagi modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Dengan modal Rp15 jutaan, Kamu sudah bisa membangun usaha ayam geprek sendiri. 

Selain itu Kamu juga akan dilengkapi dengan peralatan, bahan baku hingga booth khusus. Namun Kamu juga bisa memilih paket yang lebih murah. Yakni paket tanpa booth seharga Rp8 jutaan. 

Mendirikan Usaha Angkringan

Angkringan juga menjadi ide bisnis pinggir jalan berikutnya yang layak untuk dipertimbangkan. Angkringan kini tidak hanya populer di Jawa Tengah saja, khususnya Yogyakarta. Namun sudah banyak ditemukan di berbagai kota-kota besar maupun kecil yang ada di Indonesia. 

Bisnis angkringan seperti ini juga menawarkan keuntungan yang lebih terjamin. Selain itu, dari segi modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Intinya sangat cocok dijalankan baik untuk pemula maupun anak muda.

Bisnis Oleh-oleh Khas Daerah 

Setiap daerah di Indonesia bisa dipastikan memiliki oleh-oleh khasnya masing-masing. Namun jika Kamu memilih mengembangkan bisnis ini, lokasi yang dipilih sangat disarankan berada di jalanan utama. Sebab target market-nya adalah orang luar yang berkunjung ke kota Kamu. 

Satu hal yang menarik dari ide bisnis yang satu ini adalah potensi keuntungannya cukup besar. Apalagi bisa dijual baik secara offline maupun online. Artinya dari segi pangsa pasarnya lebih luas. 

Usaha Warung Makan Pinggir Jalan 

Ide bisnis pinggir jalan berikutnya yang cocok untuk Kamu yang masih muda dan juga pemula adalah usaha warung makan pinggir jalan. Apalagi hingga saat ini jenis bisnis ini terbilang masih memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Orang ketika bepergian tidak selalu membawa bekal makanan. Justru banyak yang lebih suka untuk membeli makanan di warung-warung pinggir jalan. Pastinya Kamu juga sepakat dengan statement seperti ini. 

Apalagi jika menu yang Kamu tawarkan beragam atau memiliki keunikan tersendiri jika dibanding dengan warung makan pinggir jalan lainnya. Umumnya orang-orang menjadi lebih tertarik untuk singgah di warung makan pinggir jalan yang Kamu kembangkan ini. 

Baca juga : Apa Itu Debt Snowball

Bisnis Tempat Fotokopi dan Alat Tulis

Foto kopi dan alat tulis juga bisa Kamu pilih. Tetapi jenis usaha ini sangat dipengaruhi oleh lokasi atau tempat. Itulah kenapa umumnya usaha ini berada di jalanan utama. Jika tidak maka berada di lokasi yang memang membutuhkan. Sekolah, perguruan tinggi, samsat, kantor polisi, gedung pemerintahan, dan sejenisnya. 

Maka dari itu kamu harus jeli dalam hal pemilihan lokasi atau tempat usaha. Meskipun tidak menutup kemungkinan jika fotokopi dan alat tulis juga cocok berada di jalanan perkampungan. 

Mendirikan Bengkel 

Ide bisnis pinggir jalan yang memiliki prospek bagus berikutnya adalah bengkel. Pemilihan lokasi atau tempat usaha pun cukup fleksibel. Sebab bisa berada di jalanan utama maupun jalanan kampung.

Tetapi jenis usaha yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Artinya Kamu harus memiliki kompetensi dalam bidang otomotif terlebih dahulu baru bisa mendirikan bisnis ini.

Atau, kamu juga dapat bertindak sebagai owner. Kemudian, kamu mempekerjakan orang-orang yang punya kemampuan di dunia bengkel. Itu pun sudah cukup untuk membuat bisnis ini dapat berjalan.

Bisnis Jualan Gorengan  

Jualan gorengan di pinggir jalan memang tampak seperti usaha kecil-kecilan. Jumlah keuntungan yang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Padahal persepsi ini bisa dikatakan salah besar. 

Kenapa, sebab usaha jual gorengan sebenarnya mampu mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Apalagi modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Kemudian dari segi pembelinya pun terbilang cukup banyak. 

Harus diakui jika gorengan adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Mulai anak-anak hingga orang tua rata-rata suka gorengan. Apalagi jika lokasi usahanya berada di pinggir jalanan utama selalu ramai. 

Ada cukup banyak jenis gorengan yang bisa Kamu jual. Mulai dari bakwan, mendoan, pisang goreng, ubi goreng, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan modal yang minimalis dan omzet yang lumayan tampaknya Kamu harus memilih bisnis pinggir jalan yang satu ini. 

Itulah beberapa jenis bisnis pinggir jalan yang hingga saat ini masih menawarkan keuntungan yang cukup besar. Jenis usaha yang tidak membutuhkan modal besar. Jenis usaha yang mudah dijalankan. Ide bisnis pinggir jalan yang cocok untuk anak muda dan juga para pemula.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.