Mau Memulai Bisnis? Ketahui Dahulu Jenis Badan Usaha yang Ada

Diposting pada

Jenis Badan Usaha – Di bidang ekonomi sering Anda jumpai bermacam-macam jenis badan usaha. Jenis itu baik berupa badan usaha jenis mandiri ataupun kerja sama sekalipun. Bermacam badan usaha yang ada inilah membuat bidang perekonomian pada sebuah negara menjadi hidup. Karena itulah tak mengherankan kalau pihak pemerintah sangat gencar dalam melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat guna mendirikan sebuah usaha walaupun hanya usaha jenis kecil serta menengah.

Meskipun jenis badan usaha kecil dan menengah tetap saja perannya begitu besar. Adapun badab usaha itu adalah sebuah kesatuan hukum, ekonomis ataupun teknis yang mempunyai tujuan guna mencari keuntungan serta memberikan pelayanan ke masyarakat luas. Di dunia terdapat banyak jenis-jenis badan usaha. Selain itu mereka pun mempunyai karakteristik tersendiri sehingga membedakan usaha satu sama lain.

Mengetahui Jenis Badan Usaha Sebelum Memulai Bisnis

Jenis Badan Usaha
Jenis Badan Usaha

Sebelum memulai bisnis, apakah Anda sudah mengetahui jenis badan usaha apa yang ingin didirikan? Tak sedikit dari calon pebisnis belum memahamai tentang jenis-jenis badan usahanya. Padahal dengan tahu jenis dari badan usaha bisa membantu Anda dalam menentukan posisi bisnis tersebut. Supaya Anda lebih paham lagi, berikut ini terdapat jenis-jenis badan usaha yang penting untuk diketahui.

Jenis perusahaan perseorangan

Pertama ada perusahaan perseorangan yaitu salah satu jenis badan usaha yang dimiliki serta didirikan oleh satu orang saja. Dengan demikian satu orang itu sebagai pemilik bertanggung jawab dengan penuh atas seluruh aktivitas yang berlangsung dalam perusahaan perseorangan tersebut. Bukan hanya tanggung jawab atas aktivitas, pihak pemilik bertanggung jawab pula seorang diri terkait resiko usaha maupun perusahaannya.

Adapun terdapat beberapa contoh yang masuk dalam jenis perusahaan perseorangan misalnya UKM, usaha laundry, rumah makan, penjual kuliner bakso serta masih banyak lainnya lagi.

Persekutuan Komanditer atau CV

Commanditaire Vennootschap yakni CV merupakan jenis badan usaha berikutnya di mana menjadi bentuk kerja sama bisnis yang berlangsung antara dua piha. Dalam kerja sama tersebut salah satu pihak yang terlibat hanyalah memberikan modal. Sementara itu pihak lain memiliki tanggung jawab dalam mengelola serta mengatur dana modal yang tersedia.

Bentuk tanggung jawab pada perusahaan jenis CV ini terbatas sekedar modal yang disetorkan semata. Adapun pihak kerja sama yang menjadi pengelola bernama sekutu aktif, sedangkan pihak yang sekedar menyetorkan modal saja kerap disebut sebagai sekutu pasif. Sementara itu contoh dari jenis CV ini ada CV. Pantang Mundur, CV. Alfaria, CV Sejahtera bersama dan masih banyak lagi.

Baca juga : Faktor Penyebab Inflasi

Jenis Firma

Jenis badan usaha berikutnya ada Firma yaitu badan usaha hasil kerja sama yang berlangsung antara dua orang ataupun lebih sekalipun dengan penamaan bersama. Lain halnya dengan jenis CV, bentuk tanggung jawab dalam perusahaan jenis firma yang berasal dari masing-masing anggotanya bersifat tidak terbatas.

Walaupun terdapat kesatuan nama dalam bentuk usahanya, namun firma bukanlah badan hukum. Adapun contoh dari nama firma antara lain Firma Maju Bersama, Firma Matahari Bintang dan masih banyak lagi.

Perusahaan Terbatas atau PT

Pastinya Anda kerap mendengar tentang jenis badan usaha PT. Perusahaan terbatas atau PT adalah salah satu badan usaha yang memiliki badan hukum. PT ini terdiri dari para pemegang saham serta tanggung jawab yang bersifat terbatas tergantung modal yang mereka setorkan ke perusahaan. Adapun perusahaan terbatas ada yang sifatnya terbuka serta tertutup.

Jenis PT terbuka adalah PT dengan saham yang diperjualbelikan dalam pasar modal. Umumnya PT terbuka ditandai dengan adanya kata tbk yakni terbuka tepat di bagian belakang nama PT itu sendiri. Sementara jenis badan usaha PT tertutup mengartikan sahamnya tak mereka perjualbelikan ke masyarakat luas.

Biasanya jenis PT tersebut dimiliki oleh sebuah keluarga. Sementara itu contoh nama perusahaan terbuka yang banyak orang kenal seperti PT Mayora Indah Tbk, PT Alfaria Trijaya Tbk serta PT Unilever Indonesia Tbk.

Perseroan Terbatas Negara atau Persero

Berikutnya ada jenis badan usaha bernama Persero yaitu perusahaan yang menjadi milik negara. Sebelumnya nama dari badan usaha satu ini adalah Perusahaan Negara. Adapun sifat dari persero tersebut sama halnya dengan jenis perusahaan pada umumnya yaitu demi memperoleh keuntungan atau laba hingga sebesar-besarnya.

Tetapi saham kepemilikan perusahaan persero sebagian besarnya harus dipunyai oleh negara. Ketentuan ini bisa kita sebut dengan sebagian besar dikuasi oleh pihak pemerintah. Besaran batas minimalnya sendiri bisa mencapai 51 persen. Biasanya persero tersebut dikenal dengan sebutan berupa BUMN atau Badan Usaha Milik Negara.

Contoh dari persero yang sering kita jumpai antara lain PT BRI atau Bank Rakyat Indonesia, PT PLN yakni Perusahaan Listrik Negara dan PT Kereta Api Indonesia atau KAI.

Baca juga : Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Jenis perusahaan daerah

Selanjutnya ada jenis badan usaha bernama perusahaan daerah. Jenis perusahaan satu ini merupakan perusahaan dengan saham yang dipunyai oleh pemda atau Pemerintah Daerah. Umumnya perusahaan tersebut dikenal dengan nama BUMD yakni Badan Usaha Milik Daerah. Terdapat tujuan dari pendirian perusahaan daerah tersebut.

Tujan pendiriannya perusahaan daerah yakni mencari laba atau keuntungan sebesar-besarnya. Di mana kemudian keuntungan yang didapatkan nantinya digunakan agar bisa membiayai adanya pembangunan daerah tempat berdirinya perusahaan. Contoh dari badan usaha yang masuk dalam perusahaan daerah adalah Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM.

Badan Usaha Koperasi

Jenis badan usaha ketujuh ada koperasi. Adapun koperasi adalah suatu organisasi di bidang ekonomi yang dioperasikan serta dimiliki oleh sekelompok maupun sekumpulan orang dengan tujuan demi mencapai kepentingan bersama. Badan usaha koperasi sendiri hadir berlandaskan adanya prinsip atau asas kekeluargaan.

Sementara itu tujuan dari berdirinya koperasi yakni guna menampung berlangsungnya kegiatan ekonomi di tingkat lapisan bawah. Pastinya Anda juga sudah kerap kali mendengar adanya badan usaha koperasi. Adapun contoh dari koperasi misalnya KUD yakni Koperasi Unit Desa.

Yayasan

Selanjutnya ada Yayasan merupakan suatu badan hukum yang mempunyai tujuan guna kegiatan sosial dan bukan demi mencari keuntungan semata. Dengan demikian kekayaan yang ada dalam yayasan biasanya dipisahkan. Pada umumnya yayasan yang ada di tanah air bersifat kemanusiaan, keagamaan serta sosial. Misalnya saja yayasan panti sosial, panti jompo, ada pula yayasan panti asuhan serta masih banyak lagi.

Perusahaan Persekutuan Perdata

Terakhir ada jenis persekutuan perdata yaitu persekutuan yang kegiatannya menjalankan profesi dengan terus menerus. Selain itu setiap sekutu yang terlibat di dalamnya bertindak dengan nama diri sendiri sekaligus bertanggung jawab seorang diri terhadap adanya pihak ketiga.

Itulah beberapa dari jenis badan usaha yang ada dan perlu Anda pahami. Sementara itu apa saja bentuk dari badan usaha yang Anda jalankan tentunya harus mempunyai laporan keuangan serta pembukuan yang lengkap.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.