Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi

Apa-apa saja yang termasuk dalam kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi? Sudah kita ketahui, kalau dalam bidang bisnis terdapat bermacam cara yang bisa dilakukan demi memperoleh keuntungan berdasarkan harapan pebisnis itu sendiri. Apapun caranya bahkan cenderung pengusaha lakukan baik berdasarkan metode, sistem, perjanjian serta masih banyak lagi demi meningkatkan angka penjualan barang perusahaanya.

Terdapat salah satu di antara banyaknya metode yang kerap kali digunakan oleh sejumlah pebisnis yang hendak memperoleh keuntungan lebih cepat. Metode tersebut yaitu penjualan konsinyasi. Bedasarkan teori, pengertian dari penjualan konsinyasi yakni suatu perjanjian yang berlangsung antara dua pihak. Pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barang tersebut ke pihak tertentu agar bisa menjualnya sehingga ia dapat memperoleh komisi tertentu.

Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi

Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi
Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi

Seperti dengan metode penjualan yang sering Anda temukan, pada sistem penjualan bernama konsinyasi tersebut juga terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas apa saja yang masuk dalam kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi tersebut? Di bawah ini terdapat sejumlah informasi selengkapnya.

Kelebihan dari metode penjualan konsinyasi

Seperti yang kita tahu terdapat kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi seperti halnya metode lainnya. Tetapi untuk kelebihan dari metode penjualan tersebut Anda bisa melihat berdasarkan dua sisi antara lain pemilik produk yakni consignor serta penjual atau consignee. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

Kelebihan bagi consigner

Terdapat kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi yang dapat dirasakan oleh pihak Consigner atau pemilik barang tersebut. Adapun kelebihan yang ada antara lain.

Menghemat biaya pelayanan dan SDM

Dalam kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi yang pertama berkaitan dengan penghematan bagi penjual. Seperti yang Anda tahu kalau produk yang consigner titipkan ke penjual nantinya dijual dengan baik oleh pihak tersebut. Dengan demikian para pemilik produk pun tak perlu melayani konsumen secara langsung. Sehingga cara satu ini mampu menghemat sumber daya manusia untuk melakukan pemasaran atau biaya dalam pelayanan sekalipun.

Lebih fokus ke produk

Kelebihan berikutnya yang dapat dirasakan dengan menjalankan metode penjualan konsinyasi yaitu penjual dapat lebih berfokus dengan barang yang ia jual. Sehingga yang paling penting di kalangan penjual yaitu hanya perlu mempertahankan atau meningkatkan kualitas barang yang mereka tawarkan.

Baca juga : Manfaat dan Tujuan Managemen Keuangan

Perluasan pasar

Bentuk kelebihan lain yang bisa diperoleh dengan keberadaan metode penjualan konsinyasi yaitu memperluas lagi target di pasaran. Bukan itu saja, berkat adanya metode penjualan itu juga nantinya membuat biaya promosi cenderung lebih hemat jika dibandingkan dengan penjualan biasanya. Adanya biaya promosi yang tergolong hemat itulah tentunya Anda dapat melakukan pemasaran kapan pun dan di mana pun tanpa khawatir terhambat adanya biaya.

Kelebihan bagi pihak consignee

Bukan hanya memberikan kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi bagi pemilik barang, rupanya metode penjualan satu ini memberikan pula keuntungan bagi pihak lain.

Mendapat keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal

Kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi yang berlaku untuk consignee adalah keuntungan bagi mereka. Sudah Anda ketahui, kalau tugas utama penjual yaitu menjual produknya ke para konsumen. Dengan demikian ia pun dapat memperoleh keuntungan semaksimal mungkin tanpa mesti mengeluarkan modal sediktpun. Biasanya para penjual nantinya memberikan tambahan jumlah harga dari tarif awal yang sudah ditetapkan oleh penjual sebelumnya.

Resiko lebih kecil

Bentuk kelebihan lain yang dapat Anda peroleh berkat adanya metode penjualan konsinyasi yakni begitu minim resiko. Adapun resiko yang berarti di sini adalah resiko apabila terjadi kehilangan sebuah barang yang tak kunjung laku. Apabila barang yang penjual tawarkan tak laku ataupun rusak otomatis penjual maupun penyalur tak akan menderita rugi sedikitpun. Tetapi kendati demikian keuntungan atau pendapatan yang diperoleh tak seperti biasanya atau terbilang menurun.

Display barang

Kelebihan terakhir yang bisa diperoleh bagi penjual atau penyalur yakni keberadaan penitipan produk atau barang yang mana nantinya membuat pihak penjual menambahkan besaran produknya. Bukan itu saja, penambahan produk yang penjual lakukan itu tanpa mesti mengeluarkan dana sebagai modal tambahan. Dengan demikian hal itu nantinya begitu membantu pihak penjual guna memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

Kekurangan dari metode penjualan konsinyasi

Masih ada lagi pembahasan kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi yang penting untuk Anda ketahui. Tiap metode tentunya tak melulu mempunyai kelebihan seperti sistem konsinyasi tersebut. Ini merupakan sejumlah kekurangan yang ada oleh metode penjualan berupa konsinyasi antara lain.

Kekurangan bagi pihak Consignor

Terdapat resiko adanya kerugian

Adapun kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi bagi Anda selaku pemilik barang yaitu nantinya memungkinkan keberadaan resiko kerugian. Adapun kerugian yang dimaksud yaitu kerugian lantaran kesalahan saat pemilihan penjual tersebut. Maksud dari kekurangan ini yaitu apabila penjual yang sudah Anda pilih rupanya tak menjual barang yang Anda percayakan dengan sangat baik.

Baca juga : Tips Memilih Software Akuntansi

Otomatis yang merasa rugi adalah diri Anda sendiri. Terlebih apabila produk itu tak laku dalam jangka waktu yang terbilang lama. Karena itulah supaya tak salah Anda penting memilih salah satu penjual yang paling baik serta dapat diandalkan. Ini menjadi kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi yang penting diperhatikan.

Upaya promosi tak sesuai dengan ekspektasi

Bentuk kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi berikutnya yakni memungkinkaan adanya promosi yang tak sesuai berdasarkan ekspektasi diri Anda. Seringkali promosi barang tak berjalan dengan cukup baik bukan lantaran barangnya tidaklah berkualitas namun bisa saja karena pihak penjualnya. Sebab penjualan yang berlangsung dalam sistem konsinyasi tak secara langsung dilangsungkan oleh pemilik barang karena promsi yang tak sesuai dengan ekspektasi.

Apalagi kalau Anda hanya sekedar menitipkan barang di dalam sebuah toko kelontong. Pastinya mereka tak akan melangsungkan upaya promosi barang tersebut. Solusinya yaitu menempatkan pihak SPG pada supermarket atau mall.

Uang tak dapat langsung masuk

Kekurangan yang terakhir dalam metode penjualan konsinyasi untuk pemilik barang yaitu uang tak dapat langsung diterima usai produknya sukses terjual. Metode pembayaran yang dipakai yaitu sistem secara mingguan atau bulanan.

Kekurangan untuk pihak penjual

Sementara itu pihak penjual sendiri tak merasakan adanya kekurangan yang ada oleh sistem penjualan konsinyasi tersebut. Hal ini lantaran barang yang penjual promosikan ataupun jual ke pelanggan bukanlah milik sendiri. Sehingga mereka pun sama sekali tak merasa rugi apabila produk tidak laku terjual. Adapun untuk keuntungannya sendiri bisa dihitung berdasarkan banyaknya produk yang sudah terjual.

Penting untuk Anda ketahui, kelebihan dan kekurangannya sistem penjualan konsinyasi tentunya akan begitu relatif untuk tiap orang. Kesimpulannya adalah semua hal itu akan kembali lagi bagi Anda yang menjalankannya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top