Jenis Asuransi dan Polis Asuransi

Kenali Jenis Asuransi, Manfaat, dan Isi Polis Asuransi

Pada masa kini, asuransi menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk melindungi diri dan harta yang mereka miliki.

Selain memberikan perlindungan, asuransi juga dapat memberikan jaminan rasa aman bila nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Macam-Macam Asuransi

Jenis Asuransi dan Polis Asuransi
Jenis Asuransi dan Polis Asuransi

Ada banyak perusahaan asuransi yang memberikan beragam layanan jaminan mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, bisnis, hingga kendaraan. Salah satu perusahaan asuransi jiwa yang telah terdaftar pada OJK adalah Tokio Marine Life Insurance.

Perusahaan ini menyediakan beragam produk berbasis syariah maupun konvensional. Berikut ini macam asuransi beserta manfaat pertanggungannya yang dapat Anda pilih.

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa dapat memberikan santunan meninggal dunia atau persiapan dana warisan untuk keluarga dalam bentuk rumah. Selain itu ada pula uang pertanggungan yang diberikan mulai dari Rp250 juta hingga tak berbatas.

Pada asuransi jenis ini terdapat dua pilihan masa pertanggungan, yakni masa pertanggungan hingga usia 99 tahun dan masa pertanggungan yang lebih singkat (10-15-20 tahun).

2. Asuransi Kesehatan Syariah

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan pertanggungan biaya perawatan medis berbasis syariah.

Manfaat asuransi ini yaitu dapat memberikan pertanggungan pada biaya sebelum dan setelah rawat inap di rumah sakit, biaya operasi, biaya perawatan medis akibat kecelakaan, dan santunan kepada tertanggung yang meninggal dunia akibat kecelakaan.

3. Asuransi Kesehatan

Manfaat pertanggungan yang bisa diperoleh pemegang asuransi kesehatan terdapat dua macam.

Pertama, asuransi kesehatan untuk penyakit umum, meliputi pertanggungan biaya rawat inap, biaya ICU, biaya operasi, santunan meninggal dunia, hingga perluasan manfaat untuk beberapa penyakit tertentu. Kedua, asuransi kesehatan khusus pasien Covid-19 berupa perawatan ICU dan santunan meninggal dunia akibat Covid-19.

4. Asuransi Bisnis

Asuransi jenis ini memberikan dua manfaat perlindungan, yakni manfaat kesehatan untuk karyawan, pasangan, dan anak-anaknya, serta manfaat perlindungan dari risiko kecelakaan bagi karyawan, pasangan, dan anak-anaknya.

Manfaat pertanggungan asuransi bisnis meliputi, pelunasan pinjaman tertanggung, biaya rawat inap, cacat total atau sebagian akibat kecelakaan, penggantian biaya perawatan akibat kecelakaan, santunan meninggal dunia akibat kecelakaan atau sakit, dan manfaat tambahan lain, seperti rawat jalan, kaca mata, persalinan, perawatan gigi, dan santunan.

Selain itu, asuransi bisnis juga dapat digunakan bagi tenaga kerja asing asal Jepang yang bekerja di Indonesia, meliputi biaya rawat inap atau rawat jalan, biaya obat-obatan, biaya operasi atau cacat total akibat kecelakaan, uang pertanggungan meninggal dunia bukan karena kecelakaan, dan biaya pemulangan jenazah.

Polis Asuransi

Untuk mendapatkan fasilitas jaminan yang disediakan oleh perusahaan asuransi, tertanggung harus memiliki polis asuransi sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih. Polis asuransi adalah surat perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi sebagai penanggung dengan nasabah asuransi sebagai tertanggung. Dalam asuransi ini memuat syarat dan ketentuan asuransi, perjanjian pengalihan risiko, dan komitmen kedua pihak.

Polis asuransi ini dapat dijadikan pedoman bagi nasabah saat meminta hak pertanggungan atau ganti rugi dari pihak asuransi. Begitu juga sebaliknya, polis asuransi dapat melindungi perusahaan jika nasabah meminta hak di luar kontrak perjanjian yang telah disepakati keduanya.

Jenis-jenis Polis Asuransi

  1. Polis asuransi kesehatan
  2. Polis asuransi jiwa
  3. Polis asuransi mobil
  4. Polis asuransi perjalanan
  5. Polis asuransi rumah
  6. Polis risiko perang
  7. Polis ditaksir (nominal pertanggungan sudah ditaksir)
  8. Polis tidak ditaksir (nilai pertanggungan dalam polis hanya sebagai batas maksimal)
  9. Polis veem (menanggung risiko kerusakan atau kehilangan barang milik tertanggung yang disimpan dalam gudang)

Isi Polis Asuransi

Pada dasarnya, isi polis asuransi di seluruh perusahaan memuat poin-poin yang sama. Jika Anda mencari detailnya polis asuransi Prudential atau lainnya, berikut ini poin-poin penting yang biasa termuat di dalamnya.

  1. Hak pelajari polis

Sebelum memilih asuransi, nasabah akan diberi waktu untuk mempelajari syarat dan ketentuan dalam polis.

  1. Manfaat asuransi

Di dalam polis akan termuat cara mengajukan klaim, masa pertanggungan, uang pertanggungan yang diterima, dan manfaat tambahan lainnya.

  1. Data pemegang polis

Pihak tertanggung akan diminta memastikan data yang terisi sudah benar dan sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki.

  1. Premi asuransi

Berisi rincian premi asuransi yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung.

  1. Pengecualian

Pengecualian berupa hal-hal yang menyebabkan klaim ditolak.

Itulah beberapa informasi seputar asuransi dan polis asuransi yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih jenis asuransi yang sesuai untuk Anda. Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi terpercaya dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top