Macam Macam Pinjaman Usaha

Macam Macam Pinjaman Usaha Yang Cocok Untuk Bisnis Kecil

Macam macam pinjaman usaha ini memberi gambaran tentang pentingnya mendapatkan suntikan dana, jenisnya dan tips mengajukannya. Kamu bisa mempelajarinya sebelum memutuskan untuk memanfaatkannya.

Dalam perjalanan bisnis, modal usaha juga memegang peranan penting. Tepatnya mendukung kelancaran bisnis itu sendiri.

Di tengah keterbatasan modal, meminjam uang dari Lembaga keuangan bisa dikatakan sebagai solusi tepat. Meskipun begitu, kamu harus cerdas dalam menyikapinya.

Menentukan jenis pinjaman hingga memastikan keberhasilan pengajuan juga penting. Dan itu semua terangkum dalam tema blog macam macam pinjaman usaha ini.

Pentingnya Modal Usaha

Macam Macam Pinjaman Usaha
Macam Macam Pinjaman Usaha

Bisa dikatakan modal adalah penggerak usaha. Sebagai roda penggerak, tentu saja ketersediaan modal amatlah penting bagi pebisnis. Baik untuk usaha kecil, menengah atau pun besar.

Diketahui bahwa usaha tanpa modal hanya akan sia-sia. Ibarat memiliki kendaraan, kendaraan tidak bisa dioperasikan bila tidak dilengkapi dengan bahan bakar.

Seperti itulah peranan modal dalam usaha. Ketersediaannya dapat menggerakkan usaha. Bahkan, mendorong terjadinya peningkatan usaha yang lebih besar.

Kamu sendiri menyadari itu. Modal ini bisa digunakan untuk memperluas jangkauan pasar. Begitu pula, dimanfaatkan untuk meningkatkan kuantitas hasil produksi.

Ketika pebisnis terkendala dengan modal, pebisnis akan kesulitan dalam memajukan usahanya. Untuk itulah Lembaga pemberi pinjaman hadir untuk membantu setiap pelaku usaha.

Menariknya, pemerintah pun sudah menyediakannya. Sederhananya, pemerintah mendukung setiap calon pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya melalui bantuan permodalan. Yakni dibantu dengan memberikan kemudahan dalam meminjam uang.

Manfaat dari Pinjaman Usaha

Ada sejumlah manfaat yang bakalan kamu peroleh ketika memohon pinjaman usaha. Salah satunya mendukung pada pendirian bisnis baru.

Betapa tidak, adanya modal memungkinkan kamu dapat mengoperasikan usaha lebih teratur. Rencanamu pun lebih mudah untuk direalisasikan.

Kemudian, pinjaman ini bermanfaat untuk mendukung pada pengembangan bisnis. Tentunya, kondisi ini akan dirasakan secara bertahap.

Ketika sudah berjalan, bisnis pun dapat meroket. Pada akhirnya, pemilik bisnis dapat mempekerjakan tenaga kerja baru.

Dan yang terpenting, adanya pinjaman ini membuat pebisnis dapat mempertahankan usahanya. Bahkan, bisa berinovasi pada produk hingga pemasaran yang membuat bisnis dapat berjalan di jalur yang benar.

Baca juga : Tren Bisnis Tahun 2022

Sementara itu, ada risiko yang harus ditanggung debitur. Risikonya adalah mengembalikan pinjaman sesuai dengan kesepakatan. Begitu pula, siap untuk mengeluarkan biaya administrasi hingga bunga.

Meskipun begitu, kamu bisa menanganinya selagi kamu tidak salah dalam memilih produk pinjaman. Contohnya adalah memilih produk yang dirilis oleh pemerintah. Karena, produk ini kebanyakan disubsidi sehingga bunganya tidak memberatkan.

Jenis Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Pada ulasan mengenai blog macam macam pinjaman usaha, kamu akan menemukan beberapa jenis pinjaman yang layak untuk dipertimbangkan. Pinjaman ini dibantu oleh pemerintah. Khususnya memberikan subsidi sehingga suku bunganya lebih ringan. Nah, apa saja jenis pinjaman yang dimaksud?

  • KUR

KUR (Kredit Usaha Rakyat) merupakan bentuk pinjaman usaha yang dikeluarkan oleh bank pemerintah. Jenis ini paling banyak peminatnya.

Produk ini dikeluarkan dengan tujuan untuk membantu masyarakat hidup sejahtera. Terutama mendukung pada pengusaha mikro.

Setiap usaha kecil pun dapat memperoleh manfaat dari program ini. Program tersebut memungkinkan pengusaha untuk mendapatkan pinjaman mencapai ratusan juta rupiah dengan bunga rendah.

Total pinjaman bisa mencapai Rp500 juta. Bunga rata-rata sekitar 7% per tahun. Atau bila diperinci, bunganya hanya sekitar 0,6% per bulan.

Rendahnya suku bunga tak luput dari bantuan pemerintah. Yakni, memberlakukan subsidi sehingga membuat peminjam tidak kesulitan.

  • PKBL

PKBL atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan bisa dibilang cukup recommended bagi pebisnis baru. Pinjaman ini hampir mirip dengan KUR. Yakni menyasar pada pengusaha mikro.

Pinjaman ini didapatkan dari BUMN. Bukan diajukan pada pihak Bank sebagaimana program KUR.

Kebanyakan, pinjaman usaha ini hanya diberikan pada pengusaha yang memiliki bisnis potensial. Alasannya, pengusaha ini memiliki kemampuan untuk membayar. Bahkan, punya kesempatan lebih untuk dikembangkan ke depannya.

Jika kamu memiliki usaha, kamu bisa mengajukannya. Tentunya, pastikan untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan.

  • UMi

UMi atau pembiayaan Ultra Mikro merupakan produk pinjaman yang tak kalah menarik. Produk ini pun ramai peminatnya.

Produknya disebut-sebut sebagai alternatif pinjaman yang dikeluarkan oleh pemerintah. Khususnya ditujukan bagi calon pebisnis yang selalu gagal dalam mengajukan pinjaman KUR.

Pinjaman ini disalurkan melalui LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank). Targetnya adalah masyarakat yang memiliki niatan untuk berbisnis.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi

Mengenai besaran pinjamannya, program ini hanya bisa memberikan total pinjaman sebesar Rp10 juta. Itu pun dengan tenor mencapai 48 bulan.

Sementara bunganya flat di angka 0,95% per bulan. Jadi, debitur dinilai tidak keberatan ketika mengangsur mau pun melunasinya.

Menariknya lagi, kamu pun punya kesempatan untuk meningkatkan nilai pinjaman. Tepatnya, kamu berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman usaha KUR sebesar Rp25 juta hingga Rp500 juta.

Syaratnya, pastikan bahwa kamu memiliki Riwayat pembayaran kredit secara teratur. Dengan kata lain, UMi ini menjadi penentu pada pinjaman ke depannya yang lebih besar.

Selain program dari pemerintah, blog macam macam pinjaman usaha ini pun masih punya solusi bagi kamu yang terkendala dengan modal. Kamu bisa memilih lembaga pemberi pinjaman swasta. Total pinjamannya sangat besar, namun suku bunganya pun terbilang lebih tinggi.

Tips Mengajukan Pinjaman Usaha

Terkendalanya modal memang harus segera diatasi. Kamu perlu mendapatkannya seperti yang diulas dalam daftar blog macam macam pinjaman usaha di atas. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mendapatkan kredit tersebut?

Supaya pengajuannya disetujui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya sebagai berikut.

Kejelasan Usaha

Keberadaan dan kejelasan jenis usaha menjadi hal yang dipertimbangkan oleh pemberi pinjaman. Kejelasan ini memungkinkannya untuk dievaluasi. Bahkan, menjadi penentu pada nominal pinjaman yang diberikan.

Jejak Rekam Bisnis dan Pemiliknya

Kepatuhan dari pemilik usaha mau pun usahanya saat beroperasi pun harus baik. Setidaknya usaha tersebut tidak menyalahi aturan. Sementara pemiliknya termasuk orang yang punya Riwayat baik dalam hal kredit.

Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dari dokumen persyaratan pun menjadi penentu. Dokumennya harus lengkap serta valid.

Jangan sampai kurang atau tidak benar isinya. Karena, ini akan dianggap sebagai penipuan dokumen yang membuat pengajuan diabaikan.

Tidak Punya Hutang Lain

Pengajuan di berbagai daftar blog macam macam pinjaman usaha di atas bisa berhasil jika pemohon tidak punya hutang. Yang dimaksud di sini adalah hutang dari lembaga pemberi pinjaman. Baik dari perbankan atau fintech.

Apabila memiliki hutang yang belum lunas, kecil kemungkinan untuk diberikan pinjaman. Terkecuali jika pelunasannya tinggal beberapa kali. Itu pun masih berasal dari lembaga yang sama.

Sisanya adalah lamanya usaha dan sehatnya bisnis. Jika ini terpenuhi, lembaga pemberi pinjaman akan memuluskan keinginanmu.

Itulah kurang lebih informasi mengenai macam macam pinjaman usaha. Temukan jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, pastikan untuk melakukan pembayaran dengan lancar agar berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman lebih besar ke depannya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top