Pengertian dan Mengenal Macam Pembiayaan Startup

Diposting pada

Mengenal macam pembiayaan startup memang penting diketahui. Resiko dalam memulai bisnis memang ada banyak, dan penting agar mempunyai rencana kuat. Sangat penting juga untuk mendengarkan nasehat dari para pakar atau pengusaha yang sudah berpengalaman. Terkadang, ada masa-masa sulit untuk bisa bertahan dan menjaga antusiasme ketika memulai usaha, salah satunya untuk mencari modal pada bisnis startup.

Pembiayaan awal untuk bisnis atau usaha kecil memang sulit dipahami, namun bukan berarti tidak mungkin untuk bisa memperoleh bantuan. Pada prinsipnya, ada banyak sekali pilihan untuk pendanaan awal yang bisa anda pakai untuk memulai mengembangkan usaha.

Apa Pengertian Startup

Mengenal Macam Pembiayaan Startup
Mengenal Macam Pembiayaan Startup

Sebelum membahas tentang bagaimana pembiayaan startup ini, akan lebih baik jika mengetahui apa pengertian dan jenis-jenis startup berdasarkan valuasinya.

Startup merupakan istilah yang menuju pada sebuah perusahaan atau bisnis rintisan. Perusahaan ini memang yang baru berdiri atau beroperasi sehingga ada dalam fase pengembangan agar menemukan pasar. Sekarang ini, istilah startup bisa lebih disempitkan lagi menjadi perusahaan rintisan yang dalam aktivitasnya berbasis teknologi.

Sebuah perusahaan bisa disebut dengan Startup Jika punya 3 faktor, yaitu pendiri atau founder, pemberi dana atau investor, dan juga produk atau layanan.

Di dalam lingkup startup, biasanya perusahaan  disebut berhasil mengembangkan bisnis startupnya terbagi ke dalam tiga kategori yaitu unicorn, decacorn, serta hectacorn. Sebuah startup yang termasuk kategori unicorn apabila memiliki nilai korporasi yang lebih dari satu miliar dolar. Atau jika dikonversi sekitar 14 triliun dengan kurs Rp14.000.

Startup decacorn merupakan perusahaan rintisan apabila valuasinya mencapai hingga nilai 10 miliar dolar AS. Sementara itu, startup hectacorn apabila sebuah perusahaan rintisan memiliki valuasi senilai 100 miliar dolar AS.

Istilah ini diperkenalkan pertama kali oleh Ailen Lee di tahun 2013, seorang pemodal yang banyak berinvestasi di berbagai perusahaan rintisan. Hewan mitos ini dianggap sebagai perumpamaan yang cukup tepat. Alasannya, perusahaan rintisan yang punya nilai valuasi sebesar itu cukup langka.

Macam-macam Pembiayaan Awal Startup

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dan penting untuk mengenal macam pembiayaan startup. Berikut ini diantaranya ;

Memakai Dana Pribadi

Pembiayaan pribadi atau yang sering disebut juga dengan bootstrap adalah cara yang efektif bagi anda yang baru hendak memulai bisnis. Para usaha seringkali menemui kesulitan ketika pendanaan tanpa terlebih dahulu memperlihatkan bagaimana potensi keberhasilan dan rencana awal.

Mengenal macam pembiayaan startup yaitu bootstrap memang dianggap sebagai salah satu pilihan pertama karena mempunyai sejumlah kelebihan. Saat mempunyai uang sendiri untuk modal, tentunya anda tidak harus membayar bunga yang tidak akan membebani.

Pinjaman Dari Keluarga Atau Teman

Cara berikutnya untuk mencari modal startup yaitu dengan meminjam dari teman atau keluarga. Banyak orang yang meragukan jika memperoleh dana dengan cara ini dengan alasan bisa memicu potensi konflik relasional dan emosional. Namun, jika anda yakin, maka tidak ada salahnya juga untuk dicoba.

Mengenal macam pembiayaan startup dengan cara ini, anda juga tidak akan dibebani oleh bunga. Bahkan, bisa juga  nantinya akan mendukung mimpi, serta visi bisnis anda. Akan tetapi, akan disarankan juga untuk mempunyai kontrak serta ketentuan perjanjian bagi kedua pihak.

Baca juga : Cara Menentukan Upah Tenaga Kerja

Pilihan ini juga dianggap bagus bagi para pemilik startup dan punya akses kontak keluarga atau teman yang punya uang lebih untuk investasi. Selama pemilik startup tersebut bisa membuktikan bahwa ide bisnis bagus dan layak sebagai sumber pendapatan. Hubungan yang bagus akan semakin meningkatkan kepercayaan.

Mendapatkan Pinjaman Dari Bank

Pada umumnya bank merupakan tempat pertama yang dikunjungi oleh para pebisnis ketika ingin memulai usahanya. Mengenal macam pembiayaan startup lewat Bank akan memberikan dua macam pembiayaan bagi bisnis. Memang ada pro dan kontra terkait memulai bisnis dengan menggunakan cara ini.

Sebagai langkah awal, memang tidak butuh lama untuk memperoleh persetujuan dan memperoleh bunga yang rendah. Kalau anda ingin mengatur bisnis lebih cepat akan tetapi tidak punya  cukup uang, dengan pinjaman bank bisa menjadi opsi yang bagus.

Di satu sisi dengan mengenal macam pembiayaan startup dari bank memang memiliki resiko kalau mengalami keterlambatan pembayaran. Anda bisa dikenakan suku bunga anda harus hutang selama bertahun-tahun, terlebih apabila anda hanya membayar dalam jumlah minimum saja.

Bantuan Atau Hibah

Ini merupakan salah satu pembiayaan bagi staf yang cukup populer dan banyak dicari juga oleh para pengusaha. Sekarang ini, banyak sekali pihak baik itu swasta maupun pemerintah yang meluncurkan program hibah modal atau bantuan kepada para pelaku startup.

Sejumlah modal diberikan secara langsung namun ada juga yang melalui kompetisi startup. Jadi, dalam mengajukan pinjaman modal ini, seorang entrepreneur juga harus bisa menyusun proposal mengandung rancangan bisnis yang ditekuninya, rancangan laporan keuangan serta Bagaimana pendanaan. Keunggulan lain mengenal macam pembiayaan startup cara ini, selain bisa memperoleh bantuan modal, para pengusaha juga bisa memperoleh program inkubator bisnis serta mentoring dari para praktisi.

Pembiayaan Investor

Mengenal macam pembiayaan startup ini adalah yang dikerjakan oleh swasta atau investor bagi sebuah usaha. Pembiayaannya bisa mulai dari skala kecil baik itu teman maupun keluarga, sampai dengan skala besar yaitu lewat para investor yang punya dana lebih. Dalam skemanya, entrepreneur startup akan menyebabkan hati pendanaan dengan investor dalam periode tertentu.

Investor tersebut selanjutnya berlaku sebagai pemegang saham dan dananya berbeda dengan pinjaman bank. Seorang entrepreneur akan memakai dana investor untuk memutar bisnisnya.

Dalam waktu tertentu, investor akan memperoleh bagi hasil atau yang dinamakan dividen dari Keuntungan bisnis yang dijalankan. Akan tetapi umumnya, para entrepreneur akan mencari investor setelah bisnis berjalan kurang lebih beberapa bulan dilakukan.

Startup Inkubator dan Macam-Macam Pembiayaan Startup

Tidak dapat dimungkiri bahwa dalam mengelola bisnis baru, startup Inkubator memulainya dengan memperlihatkan ide bisnis tersebut ke perusahaan besar. Mengenal macam pembiayaan startup melalui sistem inkubator akan memilih manakah bisnis yang cukup punya potensi keuntungan dan selanjutnya akan memberikan model investasi.

Meskipun terdapat sejumlah inkubator independen yang memperoleh sponsor dari perusahaan besar, namun pada umumnya dalam aktivitasnya dijalankan oleh lembaga pemerintahan. Sejumlah inkubator mempunyai proses aplikasi, namun yang lainnya hanya dengan cara menghubungi mitra terpercaya.

Inkubator tergantung dari pihak sponsor dalam orientasi bisnisnya tuh ke pasar maupun golongan mana. Contohnya, inkubator yang memperoleh sponsor rumah sakit tentunya hanya bisa mencari startup yang berkaitan dengan kesehatan. Sistem ini memang bisa menjadi masalah seandainya tidak punya tim yang solid. Sistem tersebut pada suatu titik akan membuat tergantung pada permintaan perusahaan yang sudah memberikan modal di awal.

Itulah pembahasan mengenai pengertian startup, serta mengenal macam pembiayaan startup. Perusahaan rintisan yang semakin tumbuh pesat baik itu di Indonesia maupun di dunia, untuk membuka peluang Bagi siapapun untuk berpartisipasi. Bahkan, jika anda juga ingin merintis startup bisa saja dilakukan. Dengan dukungan teknologi, sumber daya manusia, dan pembiayaan memadai, Anda bisa mulai membangun perusahaan rintisan dari skala kecil.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.