Tren Bisnis Tahun 2022

Ini 10 Tren Bisnis Tahun 2022 Yang Paling Menjanjikan Untuk Kamu, Jangan Asal Pilih!

Tren Bisnis Tahun 2022Ingin buka usaha sendiri tapi masih bingung pilih apa? Untuk inspirasi, kamu mungkin perlu lihat tren bisnis tahun 2022. Ada banyak ide usaha yang menjanjikan di tahun ini. Kamu mungkin bisa mencoba salah satunya.

Di era sekarang ini, membuka bisnis baru menjadi pilihan banyak orang. Entah itu cuma sebagai usaha sampingan ataupun ingin beralih profesi. Ya, karyawan yang pilih banting setir jadi pengusaha akhir-akhir ini memang terhitung tak sedikit.

Itu bukan tanpa alasan. Punya bisnis sendiri memang lebih menyenangkan. Selain bisa lebih santai, jumlah penghasilan yang didapat juga bisa lebih besar. Apalagi jika melihat tren bisnis saat ini yang begitu menguntungkan.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk buka usaha sendiri, berikut ini tren bisnis di tahun 2022 yang patut kamu perhitungkan.

Tren Bisnis Kuliner dan Makanan

Tren Bisnis Tahun 2022
Tren Bisnis Tahun 2022

Bisnis kuliner dan makanan memang nggak bakal ada matinya. Sebagai satu kebutuhan pokok, makanan pasti dicari. Tidak heran banyak pengusaha terus mencoba membuat inovasi. Terbukti di setiap tahunnya selalu muncul tren menu baru. Iya, kan?

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin berbisnis di bidang ini harus pintar lihat peluang. Seperti beberapa tren bisnis tahun 2020 berikut yang bisa kamu coba:

Usaha Katering

Perkembangan bisnis katering sekarang ini cukup pesat. Permintaan konsumen yang terus naik membuat usaha ini semakin menguntungkan. Apalagi bagi kamu yang tinggal di kota besar dengan mobilitas tinggi.

Di awal usaha, kamu mungkin bisa terima pesanan kecil-kecilan lebih dulu. Baru ketika usaha telah berkembang, kamu bisa melayani pesanan lebih besar. Seperti untuk acara perusahaan, resepsi, hajatan dan lainnya.

Katering Menu Sehat

Menu makanan sehat kini memang kian populer. Itu sejalan dengan gaya hidup sehat yang semakin meluas di masyarakat. Tetapi di sisi lain, banyak orang yang tidak punya waktu untuk membuatnya.

Nah, kamu bisa gunakan moment ini untuk buka katering menu sehat. Ya, khusus untuk makanan sehat saja. Namun tetap pastikan sediakan juga berbagai menu varian sebagai pilihan.

Bisnis Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka makan camilan? Dari anak-anak hingga orang dewasa pasti menyukainya. Kamu bisa bikin snack kecil-kecilan di awal usaha. Seperti keripik, kacang-kacangan atau kue kering dengan beragam varian.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi

Jika membuat snack sendiri dirasa cukup sulit, kamu bisa beli kiloan di produsen. Untuk kemudian dikemas dan dijual kembali secara eceran.

Tren Bisnis di Bidang Jasa

Peluang usaha di bidang jasa semakin bagus dari tahun ke tahun. Dapat kamu lihat, ada semakin banyak penyedia jasa yang sukses memperoleh keuntungan. Seperti di bawah ini, berikut adalah sejumlah tren bisnis tahun 2022 di bidang jasa:

Jasa Laundry

Aktivitas yang kian sibuk membuat banyak orang sulit membagi waktu. Bahkan untuk sekedar mencuci baju sekalipun. Karena itulah usaha jasa laundry semakin menjanjikan sekarang ini.

Terlebih untuk memulai usahanya sangat mudah dan tidak butuh banyak modal. Selain baju, kamu pun bisa menerima cuci gorden, boneka, sepatu atau lainnya.

Barbershop

Barbershop juga menjadi tren bisnis tahun 2022 yang cukup menjanjikan. Style anak muda sekarang yang suka ganti gaya rambut membuat usaha ini ramai.

Karena itu, jika kamu punya keahlian memotong rambut, jangan siakan peluang ini. Buka saja barbershop sambil sediakan produk-produk perawatan rambut, aksesori dan lainnya.

Tren Bisnis Usaha Rumahan

Ingin buka usaha yang tetap bisa stay di rumah? Kenapa tidak. Ada banyak jenis usaha rumahan yang tak kalah menguntungkan. Jika kamu mau mencoba berbisnis di rumah, berikut beberapa ide usaha yang bisa kamu pertimbangkan:

Angkringan (Warung Kopi)

Warung kopi punya pangsa pasar yang cukup bagus dari semua kalangan. Tidak hanya anak muda tapi juga dewasa dan orang tua. Di sini kamu bisa menawarkan berbagai jenis kopi, baik racikan maupun instan.

Tempat seperti ini biasanya suka dijadikan tempat berkumpul atau nongkrong. Jadi kamu mungkin bisa sediakan juga beberapa tempat duduk. Juga menjual sejumlah camilan dan mungkin fasilitas wifi.

Pom Mini (Pertamini)

Tren bisnis tahun 2022 lainnya adalah membuat Pom Mini atau Pertamini. Usaha ini bisa kamu buat di halaman depan rumah. Tidak memakan banyak tempat dan tidak repot untuk dijalankan. Kamu hanya tinggal beli mesin pompa dan bensin saja. Sementara untuk menjualnya, kamu bisa tetap tinggal di rumah.

Baca juga : Manfaat dan Tujuan Managemen Keuangan

Tren Bisnis di Bidang Pertanian dan Peternakan

Tren bisnis tahun 2022 juga mencakup di bidang pertanian dan peternakan. Contohnya berikut ini beberapa jenis usaha yang direkomendasikan:

Budidaya Sayuran Organik

Sayur organik dinilai lebih sehat karena tidak memakai pestisida. Itu sebabnya harga sayur ini pun lebih mahal ketimbang sayuran biasanya. Bagi kamu yang melihatnya dari sisi bisnis, ini tentu cukup menjanjikan.

Untuk memulai budidaya, kamu bisa manfaatkan pekarangan atau lahan kosong yang dimiliki. Sementara untuk pupuk, mengingat ini organik maka kamu bisa membuat sendiri pupuk komposnya.

Usaha Ternak Burung

Burung semakin banyak diminati beberapa tahun belakangan. Jika kamu seorang pecinta burung, usaha ini bisa menjadi hobi yang menguntungkan. Biasanya jenis burung yang banyak dicari adalah burung kicau. Jadi kamu mungkin bisa ternak burung Murai, Lovebird, Kenari atau lain sebagainya.

Kroto

Kroto adalah nama lain dari semut rangrang. Harga semut jenis ini sangat mahal loh. Harga telurnya saja berkisar Rp150 ribu per kilonya. Lumayan bukan? Telur semut ini umumnya dijadikan sebagai pakan ikan dan burung.

Untuk beternak kroto, kamu hanya butuh rak dan toples untuk tempat bertelur. Sementara untuk periode panennya cuma sekitar 15-20 hari saja.

Tips Memilih Bisnis Yang Tepat

Guna mencari inspirasi, melihat seperti apa tren bisnis tahun 2022 memang tidak ada salahnya. Tapi jangan asal ikutan tren. Belum tentu apapun yang sedang nge-trend saat ini akan tepat buat kamu. Maka dari itu kamu harus pintar-pintar memilih. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk memilihnya:

Kenali Passion yang Dimiliki

Setiap orang punya passionnya masing-masing. Oleh karena itu, kamu harus bisa kenali passion kamu sendiri. Dengan memilih bisnis yang sesuai passion, semua akan terasa mudah. Pekerjaan jadi lebih menyenangkan. Usaha yang dibangun pun bisa dijalankan sepenuh hati dan semakin sukses.

Ketahui Kebutuhan Orang Sekitar

Tips berikutnya, kamu harus tahu apa yang dibutuhkan orang-orang sekitarmu. Dengan begitu kamu bisa tahu kira-kira apa yang menarik minat mereka. Kamu pun jadi bisa menentukan bisnis apa yang mungkin cocok.

Lihat Koneksi

Terakhir, lihatlah koneksi yang kamu miliki. Misal kamu kenal orang-orang yang punya skill dalam memproduksi sesuatu. Maka kamu bisa menjalin kerja sama dengannya dalam hal pemasaran. Ini dapat lebih menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Nah, itu tadi tren bisnis tahun 2022 di berbagai bidang dan beberapa tips untuk kamu. Ingat ya! Kalau mau sukses memulai sebuah usaha, jangan asal-asalan. Pastikan kamu telah memikirkan dan mempersiapkannya dengan matang. Jangan hanya ikut tren saja.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top